Zorba “Eros” 2.6: The JSONiq Release

Tim pengembang Zorba dengan bangga mengumumkan perilisan Zorba 2.6, codename Eros. Pelepasan tersedia di bagian terlarang kami. Eros berisi beberapa fitur baru, peningkatan kinerja, dan perbaikan bug yang tersedia di ChangeLog kami.

Selama beberapa bulan, kami telah mengerjakan sebuah proyek bernama JSONiq, yang memperluas model data XQuery dengan objek dan array JSON.

Spesifikasi JSONiq sekarang telah mencapai keadaan matang dan Zorba 2.6 dikirim dengan implementasi JSONiq. Dengan kata lain, Zorba sekarang mendukung JSON secara native. XML dan JSON telah menjadi format dominan untuk pertukaran data di Internet, dan aplikasi sering kali perlu mengirim dan menerima data dalam berbagai format berbasis JSON atau XML.

Untuk data XML, bahasa query seperti XQuery dapat digunakan untuk query data, membuat atau memperbarui data, mengubahnya dari satu format ke format lain, atau data rute. Menambahkan dukungan JSON ke XQuery memungkinkannya melakukan tugas ini untuk XML dan JSON, menggabungkan data dari berbagai sumber sesuai kebutuhan.

Selain itu, dukungan JSON memberi XQuery struktur data yang ringan, sederhana, dan berguna yang seringkali dapat menyederhanakan permintaan. JSONiq adalah bahasa query untuk JSON, berdasarkan XQuery. Ini dirancang untuk memungkinkan prosesor XQuery yang ada ditulis ulang untuk mendukung JSON dengan usaha

moderat. Salah satu profil JSONiq menghapus segala sesuatu yang berhubungan langsung dengan XML, menambahkan konstruktor JSON dan navigasi. Profil JSONiq lainnya mencakup bahasa XQuery penuh, dengan menambahkan dukungan JSON, yang memungkinkan kueri untuk mengkonsumsi atau menghasilkan JSON, XML, atau HTML.

Zorba Example Screen 1 Res calculatorJSONiq adalah bahasa query untuk JSON, dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang jelas akan query data JSON dan kurangnya sesuatu seperti bahasa query standar. Kami memulai dengan ide sederhana: XQuery memiliki lebih dari satu dekade desain dan pengembangan.

Ini kuat dan fleksibel, dan ada banyak implementasi yang ada. Bisakah kita memanfaatkan sejarah itu dan – yang lebih penting – implementasi untuk menghasilkan bahasa query JSON berkualitas tinggi dengan cepat? Kami berhasil. Setelah proses perancangan bahasa, tim yang sangat kecil mampu memperluas mesin Zorba XQuery sumber terbuka untuk mendukung JSON dalam dua bulan. Karya ini siap digunakan saat ini. Hal yang sama bisa dilakukan untuk mesin XQuery lainnya.

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *